PROFIL DINAS

Kedudukan/Domisili

Dinas Ketahanan Pangan Daerah Kabupaten Grobogan (DKPD)
Alamat : Jl Dr. Soetomo No. 3, Purwodadi Grobogan 58114
Telepon : (0292) 422852, 422941
email : dkpd@grobogan.go.id

Sejarah

Pembentukan nomenklatur Dinas Ketahanan Pangan Daerah Kabupaten Grobogan diawali dari sejarah pembentukan Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Grobogan. Sejalan dengan perubahan birokrasi dan dalam rangka pelaksanaan Undang-undang No. 23 Tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah telah ditetapkan Peraturan Pemerintah No. 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, yang mengatur adanya jenis perangkat daerah, kriteria tipelogi perangkat daerah dan nomenklatur perangkat daerah, yang selanjutnya ditindaklanjuti oleh pemerintah Kabupaten Grobogan dengan menetapkan Peraturan Daerah No. 15 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah. Kemudian Perda tersebut menjadi dasar hukum bagi dibentuknya DINAS KETAHANAN PANGAN DAERAH KABUPATEN GROBOGAN, yang tertuang dalam Peraturan Bupati No. 57 Tahun 2016.

Dasar Pembentukan

Dasar Hukum pembentukan Organisasi Perangkat Daerah Dinas Ketahanan Pangan Daerah Kabupaten Grobogan di atur dalam Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2016 dan Peraturan Bupati Nomor 57 Tahun 2016 yang kemudian dilakukan perubahan dalam Peraturan Bupati Nomor 68 Tahun 2021.

Tugas Pokok

Tugas pokok Dinas Ketahanan Pangan Daerah Kabupaten Grobogan adalah melaksanakan urusan pemerintahan daerah berdasarkan asas otonomi daerah dan tugas pembantuan di bidang pangan.

Fungsi

Dalam menyelenggarakan tugas pokok sebagaimana dimaksud diatas, Dinas Ketahanan Pangan Daerah Kabupaten Grobogan mempunyai fungsi:

  1. perumusan kebijakan teknis di bidang pangan;
  2. pengoordinasian, pengembangan dan fasilitasi kegiatan di bidang pangan;
  3. pembinaan dan pengendalian kegiatan di bidang pangan;
  4. pelaksanaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan kegiatan di bidang pangan;
  5. pengelolaan kesekretariatan Dinas;
  6. pengelolaan UPTD; dan
  7. pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh Bupati sesuai tugas dan fungsinya.

86

Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat 2022

Scroll to Top